5 Paru-paru Dunia

Hutan hujan adalah hutan yang punya curah hujan tinggi. Maksudnya, hujan turun hampir sepanjang tahun di hutan ini. Hutan hujan adalah harta yang paling berharga buat bumi kita. Pasalnya, 28% proses perubahan karbondioksida kembali menjadi oksigen, berasal dari hutan ini. Lihat-lihat dan jaga terus yuk kelima hutan hujan terbesar di dunia ini!

Hutan Amazon

Nggak heran kalau hutan Amazon termasuk salah satu hutan terbesar di dunia. Bayangkan saja, setidaknya 40% dari luas benua Amerika Selatan adalah hutan Amazon. Kerennya lagi, nggak cuma luas banget, hutan ini juga dipenuhi dengan berbagai ekosistem dan flora fauna yang sangat variatif. Jenis hutannya pun juga beragam. Mulai dari savannah, hutan hujan, sampai hutam musim.  Ada kurang lebih 50 juta spesies tumbuhan dan hewan yang tinggal di hutan ini.

Taman Nasional Kinabalu

Terletak di negara tetangga, Malaysia, hutan di Gunung Kinabalu ini adalah surga dari tumbuhan dan hewan. Dalam hutan ini, ada 4.500 jenis tumbuhan, 290 jenis kupu-kupu dan 289 jenis burung yang hidup tenteram di dalamnya. Nggak heran kalau taman raksasa ini jadi salah satu tujuan wisata favorit.

Taman Nasional Sapo

Hutan yang terletak di negara Liberia ini nggak cuma besar, tapi juga unik. Pasalnya, hutan ini masih termasuk hutan yang tak terjamah dan sedikit lembab. Spesies yang ada di hutan ini juga aneh, seperti misalnya mikoorganisme pemakan daging. Makanya, hutan ini nggak dianjurkan sebagai tempat rekreasi dan kita wajib melapor sama pihak yang berwenang dulu sebelum berkunjung.

Hutan Alaska

Berada di kawasan Amerika Utara, hutan Alaska juga punya keunikan sendiri. Selain suhunya yang lebih sejuk, tumbuhan yang ada di sini juga termasuk unik. Mulai dari pohon cemara beracun (hemlock), pohon cedar, bunga liar, dan berbagai jenis tumbuhan beri bisa ditemukan di sini. Dengan pemandangan yang keren, tempat ini cocok buat para pecinta alam.

Daintree
Hutan Daintree yang ada di Australia ini ternyata termasuk hutan tropis juga. Nggak heran kalau banyak binatang dan tumbuhan yang betah tinggal di hutan ini. 30% dari spesies katak dan 65% dari spesies kupu-kupu dan kelelawar serta 18% dari spesies burung di dunia bisa kita temukan di sini. Belum lagi, 12.000 jenis burung yang betah banget nongkrong di hutan ini.

Sumber : Majalah Gadis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s