GPS

Dokter Gunakan GPS untuk Operasi Jantung

Jakarta, Teknologi GPS atau Global Positioning System umumnya digunakan untuk keperluan menavigasi arah saat berkendaraan atau bepergian. Di dunia kedokteran, alat ini juga bisa amat bermanfat untuk menavigasi dokter saat melakukan operasi.

Teknologi ini ternyata dapat membantu dokter mengarahkan target operasi dengan akurat. Profesional medis di Massachusetts General Hospital mencobanya untuk mengobati fibrilasi atrium, yaitu kelainan detak jantung yang paling sering ditemui.

“Kami melakukannya hari ini untuk pertama kalinya, ini belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata dr Moussa Mansour, direktur Laboratorium Elektrofisiologi Jantung dan Program Fibrilasi Atrium di Massachusetts General Hospital seperti dilansir CBS News, Sabtu (9/2/2013).

Ketika terjadi atrial fibrilasi, jantung mengirim sinyal dengan cepat ke atrium atau ruang atas jantung. Detak jantung jadi cepat dan tak teratur. Darah yang berkumpul di atrium tidak dipompa ke ventrikel atau ruang bawah jantung. Akibatnya penderita merasa kelelahan dan sesak napas.

Gangguan ini dapat terjadi sesekali atau berkelanjutan selama beberapa tahun. Tiap kali muncul, gangguan ini bisa merusak tubuh. Fibrilasi atrium dapat meningkatkan risiko stroke dan menyebabkan nyeri dada atau gagal jantung kongestif.

Diperkirakan ada 2,66 juta orang yang memiliki kondisi ini di seluruh dunia. Risikonya meningkat seiring pertambahan usia. Untuk mengobati gangguan tersebut, pasien harus menjalani beberapa kali pemeriksaan sinar X. Padahal penyinaran tersebut jika terlalu banyak dapat menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, dokter menggunakan alat yang disebut Mediguide, yaitu gabungan teknologi sinar X dengan GPS. Alat ini memungkinkan dokter meletakkan kateter dari kaki menuju jantung untuk mengatasi gangguan fibrilasi atrium. Dengan cara ini, paparan radiasi sinar X bisa dikurangi hingga 90 persen.

GPS

Sumber : http://www.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s