Pentingnya Skill dalam Bekerja

Tingkat pengangguran yang semakin tinggi, membuat sebagian orang resah. Resah akan hidup yang dijalani ke depannya. Jumlah kelahiran yang meningkat setiap menit menambah angka tersebut. Jumlah lulusan yang semakin meningkat tiap tahun. Lapangan kerja yang terbatas tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang kian bertambah. Orang Tua menaruh harapan besar pada anaknya untuk bisa menjadi lebih baik dibandingkan mereka sekarang. Orangtua memutuskan untuk menyekolahkan anak-anaknya walaupun dalam kondisi yang kekurangan dan berupaya untuk tetap bisa memberikan pendidikan terbaik. Jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi tidak menjamin mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan sesuai.

Lulusan masing-masing jenjang sekolah, salah satunya tamatan perguruan tinggi saja sampai saat ini banyak yang belum mendapat pekerjaan. Kasarnya, apalagi dibandingkan tingkatan jenjang yang lebih rendah. “Dalam hal ini siapa yang akan disalahkan ?” Apakah seorang lulusan, pemerintah, atau perusahaan. Kita hanya bisa bercermin pada diri sendiri apa yang salah.

Skill penting diperlukan dalam hal ini. Perusahaan hanya mencari kandidat yang memiliki skill yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika diantara readers tidak memiliki skill, kemungkinan akan sulit untuk cepat mendapatkan pekerjaan apalagi sesuai dengan posisi yang diinginkan, ditambah banyaknya kandidat lain yang memiliki skill lebih yang dibutuhkan oleh perusahaan. Skill yang didapatkan di sekolahan maupun di peruguruan tinggi bisa dijadikan pegangan kelak ketika melamar pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi, ada skill lain yang dibutuhkan dan apa sajakah skill tersebut ? Basic skill (keahlian dasar) yang dibutuhkan antara lain kemampuan mengoperasikan komputer yaitu Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint), kemampuan dalam bidang bahasa asing, kemampuan komunikasi dan improvisasi yang baik, serta selebihnya ilmu pengetahuan yang didapatkan semasa dibangku pendidikan.

Selain itu, dalam mencari pekerjaan perlu adanya koneksi untuk mempermudah agar cepat bisa bekera dalam suatu perusahaan. Usaha dan doa pun tak kalah pentingnya. Kita tidak usah memikirkan hasil akhirnya bagaimana, yang penting kita sudah berusaha dan percaya diri. Hasil akhir serahkan pada Illahi. Kuncinya : usaha, percaya diri, dan doa. Insya Allah pasti ada jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s