Tips (try this)

Tips Demi Esok Bahagia, Bisa Traveling ?

“Cung siapa disini yang pengen banget traveling ?”

Jawabannya, pasti semua kepengen banget bisa traveling, termasuk saya. Sudah cukup lama saya tidak merasakan traveling kembali saat jamannya masih mahasiswa. Sejak memasuki dunia kerja, saya tidak punya waktu luang untuk bisa menikmati masa-masa dulu bisa traveling bebas.

By the way, traveling adalah suatu kegiatan yang tidak hanya membutuhkan waktu luang, tenaga, dan cost yang cukup memadai tentunya. Hal tersebut terkadang menjadi kendala bagi seseorang yang tak bisa dihindari. Ketika kamu punya cost yang memadai, tetapi tidak punya cukup waktu luang. Sebaliknya, tidak punya cost tetapi punya waktu luang yang cukup. “Bagaimana mengatasi hal ini ?”

Waktu luang bisa saja kamu buat dengan persetujuan atasan, bagi pekerja kantoran yaitu bisa mengambil jatah cuti atau tukar jadwal dengan teman. Terlebih jika anda masih status mahasiswa, waktu bisa diatur sendiri tanpa harus lapor dengan atasan dan sangat fleksibel. Ujung-ujungnya paling TA (titip absen) haha asal tidak ketahuan saja oleh dosen. Jangan diikuti ya readers ajaran sesat ini.

Umumnya yang menjadi kendala cukup berat yaitu cost. Mau traveling enak tanpa beban, tinggal terima jadi itu butuh persiapan cost yang matang atau mau pilih traveling hemat, seadanya. Semua pilihan ada ditangan kamu. Traveling enak melalui agen tour atau traveling hemat intinya ujung-ujungnya butuh cost. “Bagaimana caranya ya ngumpulin uang agar bisa traveling ?” Menabung, itulah jawaban yang paling pas.

Pertanyaannya, “bisa gak menabung ?”

Nah, hal ini mungkin agak sukar bagi segelintir orang. Pekerja kantoran, Ibu RT sampai ke mahasiswa, ketika mereka menerima gaji atau kiriman entah pada akhir maupun awal bulan ada saja godaan mau beli ini itu, terutama kaum hawa. Saya akan berbagi beberapa tips demi esok yang bahagia, bisa traveling. Berikut beberapa tipsnya :

1. Buka Rekening Tabungan

Ketika kamu mendapatkan uang, segera lakukan organisir berdasarkan kebutuhan. Sisihkan uang kamu untuk belanja keperluan sehari-hari, untuk liburan (traveling), dan untuk masa depan.

“Bagaimana caranya ?”

Cara yang saya jalani untuk mengorganisir sumber daya yaitu dengan membuka 2-3 rekening tabungan. Rekening tersebut digolongkan berdasarkan kebutuhannya. Kebutuhan sehari-hari, kebutuhan akan liburan & hiburan (re: traveling), dan kebutuhan untuk masa depan. Memang sih agak (lebay) gimana gitu. Jika di porsentasikan 30% (kebutuhan sehari-hari), 30% (traveling), dan 40% (masa depan).

2. Arisan

Cobalah untuk ikut kegiatan yang identik dengan kaum hawa ini. Tidak ada salahnya kaum adam pun turut serta dalam kegiatan rutin yang umumnya diadakan setiap bulan. Jangan gengsi, buang gengsi jauh-jauh, demi hari esok bahagia kok gengsi. Arisan sama halnya dengan menabung kok. Toh, uang kamu tidak akan lari kemana.

 3. Investasi

Lakukan investasi dalam bentuk emas, tanah, ataupun properti. Investasi bukan berarti pemborosan, jangan salah kaprah ya readers. Investasi = Menabung. Jika kamu tidak mampu berinvestasi besar mulailah dari investasi yang kecil misalnya emas. Semakin bertambahnya tahun, harga bahan pokok maupun barang elektronik pun semakin naik. Saat ini negara kita sedang dilanda ketidakstabilan nilai tukar (dollar). Ketika dollar naik maka harga emas ikut naik. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. Tips yang ini digunakan dalam kondisi yang benar-benar kepepet banget ya readers, soalnya sayang juga dipikir-pikir kalau dijual.

Selain tips di atas, ada juga alternatif lain mengumpulkan uang agar bisa traveling disamping menabung tapi ujung-ujungnya juga tetap menabung.  “Bagaimana caranya ?”

1. Writing Competition

Jika kamu menyukai bidang tulis menulis, tidak ada salahnya memasukkan salah satu atau bahkan lebih dari tulisan yang kamu miliki. Entah kamu merasa tulisan kurang bagus maka acuhkan saja, yang penting kamu pe’de. Belum tentu juga tulisan saya yang amatiran layaknya buku harian ini bagus. Intinya pe’de aja dulu. Jangan pikirkan hasil akhirnya. Hasil akhir merupakan bonus, jika kamu menang lumayan bisa ditabung.

2. Usaha sampingan

Usaha sampingan bisa menjadi alternatif lain mengumpulkan uang, disamping pekerjaan utama. Entah kamu punya produk sendiri atau produk orang lain yang kamu bantu jual. Bisa sebagai agen suatu brand dan bisa sebagai reseller. Yang penting usaha dan menghasilkan.

Tips-tips di atas yang saya berikan semuanya kembali lagi pada individu masing-masing. Tapi tidak ada salahnya mencoba tips yang saya berikan. Semoga bermanfaat ya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s