Pemandangan di Nirwana Resort

Perlengkapan untuk Sebuah Perjalanan

Mempersiapkan perlengkapan untuk sebuah perjalanan amatlah penting. “Kenapa penting ?” karena kurangnya perlengkapan akan menghambat kamu untuk menikmati sebuah perjalanan. Bayangkan dalam perjalanan, kamu akan menemui pemandangan indah yang tak dapat dijumpai di kotamu. Nyesel gak tuh pas lagi moment kecenya kamu ketinggalah sesuatu yang penting. Nah, alangkah baiknya H-1 sebelum keberangkatan, buatlah daftar list barang apa saja yang akan dibawa dan dibutuhkan selama melakukan perjalanan. Berikut ini adalah peralatan yang dibawa dalam sebuah perjalanan :

1) Dompet

Dompet adalah barang utama yang terpenting. Ibaratkan kita mau tempur tanpa amunisi, abislah sudah. Tidak bawa dompet, amsyong lah sudah di jalan. Luntang lantung tak karuan.

2) Pakaian dan aksesoris

Bawalah pakaian dan aksesoris secukupnya disesuaikan dengan iklim dan cuaca pada destinasi yang akan dituju. Jangan berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pakaian dan aksesoris yang perlu dibawa antara lain kaos, celana, pakaian dalam, jaket/sweater, syal, topi, masker, sunglass, sepatu/sandal, jam tangan, dan sebagainya.

3) Gadget (kamera, ponsel, tablet)

Gadget yang meliputi kamera, ponsel, tablet adalah hal yang tak boleh tertinggal dalam melakukan sebuah perjalanan, penting! Kamera sebagai perekam/pengingat secara visual apa yang kamu lihat dan temukan. Tidak perlu kamera bagus setingkat DSLR, kamera saku (digital) pun jadi. Buat apa bawa kamera DSLR, jika tidak bisa menguasai penggunaannya. Ponsel selain sebagai penghubung juga digunakan sebagai cadangan pengganti kamera utama. Jika tidak punya kamera saku, cukup dengan ponsel kamu bisa merekam dan mengabadikan moment special. Ponsel pun dilengkapi fitur-fitur canggih yang dapat membatu kamu dalam perjalanan seperti GPS. Tablet/iPad sebagai peranti menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan pada blog. Lebih ringan dibandingkan membawa laptop/netbook.

4) Perangkat pendukung

Jangan lupa untuk membawa perangkat pendukung antara lain pengisi daya (charger), baterai cadangan, kartu memori cadangan, adaptor listrik, dan terminal.

5) Alat tulis dan buku catatan

Buku catatan adalah benda penting untuk mencatat tulisan yang akan menjadi referensi. Referensi berupa informasi dari berbagai narasumber selama melakukan perjalanan.

6) Toiletries

Baik pria ataupun wanita wajib untuk membawa toiletries bagi yang peduli akan kebersihan tubuh selama perjalanan. Toiletries meliputi parfum, lotion, deodorant, tisu, sabun mandi, sikat gigi, odol, shampo, dan sebagainya.

7) Obat-obatan

Jangan remehkan hal kecil ini. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selama melakukan perjalanan. Selama perjalanan dianjurkan untuk membawa obat-obatan antara lain obat demam dan obat flu, obat sakit kepala, obat diare dan obat maag, obat antimabuk, betadine dan plester, serta minyak kayu putih atau aromaterapi.

6 pemikiran pada “Perlengkapan untuk Sebuah Perjalanan

  1. Terima kasih tipsnya, berguna banget :hehe. Maklum, traveler baru, jadi kadang kalau jalan masih suka ketinggalan ini itu🙂
    Cuma kata-katanya agak menohok, Mbak. Yang di bagian kamera:
    “Buat apa bawa kamera DSLR, jika tidak bisa menguasai penggunaannya?”
    Saya kan masih belajar, Mbak… *nunduk-nunduk kayak anak SD ketahuan mecahin jendela* *hihi, just kidding!*

    Btw, salam kenal!😀

    O iya, mesti nyiapin notes kecil, nihh…

    1. Halo gara salam kenal juga. Hihihi kalimat itu buat yang merasa minder pake ponsel. Kamera ponsel/saku juga ga kalah bagus hasilnya sama DSLR, yang penting menguasai tekniknya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s