Museum Ambarawa

Menengok Kereta Uap Kuno di Ambarawa

“Tahukah kamu kereta api pertama yang beroperasi di Tanah Air kita, Indonesia tercinta ?” Saya rasa kamu sudah tahu jawabannya. Yup benar! Kereta api pertama yang beroperasi yaitu kereta jenis uap atau yang kita kenal dengan nama ‘Kereta Api Uap Lokomotif. Saya tidak tahu pasti tahun kapan beroperasinya. Kereta uap yang ada sekarang ini merupakan kereta peninggalan Belanda yang dahulu pernah menjajah Bangsa Indonesia, salah satunya Semarang. Peninggalan jaman Belanda atau negara lain yang pernah menjajah di Indonesia memberikan manfaat tersendiri bagi generasi penerus. Peninggalan yang seperti ini harus kita jaga dan rawat dengan baik demi anak cucu untuk bisa menghargai sejarah kelak walau termakan oleh usia.

Museum Ambarawa

Museum Ambarawa

Museum Ambarawa

Ambarawa Monorail atau yang lebih akrab dikenal dengan ‘Museum Ambarawa’ memiliki 2 kereta api uap lokomotif (tipe B2502 dan B5112) yang masih bisa berfungsi dengan baik. Museum Ambarawa berlokasi di daerah Ambarawa, Semarang-Jawa Tengah. Harga tiket masuk museum sebesar Rp10.000/orang. Kereta api jenis uap dan diesel ada di museum ini. Pengunjung dapat menikmati sensasi mengelilingi Kota Semarang dengan menaiki kereta uap ataupun diesel. Tarif untuk kereta uap mahal dibandingkan dengan kereta diesel. Wajar saja kereta uap mahal karena menggunakan bahan bakar kayu jati. Kereta uap dapat dinikmati oleh pengunjung, jika pengunjung telah membooking terlebih dahulu. Berkeliling Semarang dengan kereta uap dikenakan tarif sebesar Rp9.000.000 (*kata penjaga loket). Fantastis saya mendengarnya! harganya mahal banget ya. Umumnya yang menaiki kereta uap adalah rombongan ataupun kelompok. Sedangkan untuk kereta diesel beroperasi setiap hari Sabtu dengan tarif Rp50.000/orang (*kata penjaga loket). Sayang, saya berkunjung pada waktu yang tidak pas dan hanya bisa berfoto ria.

Museum Ambarawa
Kereta Api Uap (1) Tipe B2502
Museum Ambarawa
Kereta Api Uap Tipe (2) B5112
Museum Ambarawa
Kereta Diesel
Museum Ambarawa
Ruang Pengendali
Museum Ambarawa
Area Penumpang

15 pemikiran pada “Menengok Kereta Uap Kuno di Ambarawa

    1. Ayook mba mba mampir dan cobaain naik kereta api uapnya yang harganya fantastis itu haha/kereta diesel. Sayangnya pada saat aku berkunjung belum sempat menikmatinya dikarenakan datang di hari yang tak tepat.

      1. iya tapi sekarang saya tinggal di solo, hehe malah klo ke ambarawa justru jarang main ke stasiun kereta ini kecuali jaman kecil dulu🙂

  1. Mahal ya Mbak, 9 juta :hehe. Saya pilih yang Rp50k saja Mbak, lebih terjangkau. Meskipun tidak akan menolak juga sih kalau ada yang mentraktir naik loko uap legendaris itu :hehe.
    Well, Semarang memang terkenal banget sebagai pusat perkeretaapian ya Mbak! Dari Lawang Sewu sampai Ambarawa, sampai ke stasiun kereta api pertama di Jawa, semua ada di daerah kekuasaan Semarang. Railfan mesti ke sini nih Mbak :hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s