DSC_1197 web

Keindahan Si Pulau Mini ‘Oar’

Halo teman-teman blogger, apa kabar? Sudah lama saya tidak update blog. Maaf ya, baru muncul ke permukaan lagi haha ikan kali ah. Maklum sibuk akan rutinitas kantor, demi hari esok bahagia. Moga teman-teman tidak lupa dengan saya.

Rutinitas dunia kerja memang menguras waktu sehingga kita disibukkan olehnya. Kalo udah masuk hari Senin rasanya males banget untuk memulai aktivitas. Pengen cepat-cepat weekend aja lagi gitu. Tapi itulah kenyataan yang harus dihadapi mulai dari terlambat masuk kerja, dikejar deadline, diomelin atasan, lengkap sudah. Makanan sehari-hari yang mau tidak mau dinikmatin.

Satu setengah tahun sudah saya menjadi seorang karyawan setelah resign dari kantor yang lama. Tentunya hal tersebut membuat saya jenuh. Akhirnya saya dan rekan kerja merencanakan outing bersama. Satu bulan lalu telah terencana untuk diadakan outing. Awalnya kita sudah berencana untuk rafting. Akan tetapi melihat musim hujan yang masih berlangsung, akhirnya kita buat alternatif lain. Berbagai masukan disuarakan mulai dari outing ke Dufan, Sentul, Paint Ball, dan Pulau. Terpilihlah, masukan terbanyak yakni pulau. Berhubung kerja hanya libur di hari Minggu dan Sabtu masuk setengah hari, mau tidak mau outing One Day Trip. Destinasi pulau yang akan dikunjungi masih daerah yang sama, Banten.

Pulau Oar, pulau yang menjadi destinasi outing. Pulau berukuran mini yang berada satu kawasan dengan Ujung Kulon terletak di daerah Sumur, Pandegalang. Estimasi perjalanan dari Jakarta 7 jam perjalanan darat dengan rute Jakarta-Anyer-Carita-Labuan-Pandeglang. Saya dan rekan kerja hanya memakan waktu 4 jam lebih perjalanan. Ya lumayan jauh.

Canda tawa mengiringi perjalanan kami. Mulai dari ada yang kentut di dalam mobil, senggol-senggolan saat mobil melajut cepat di jalanan yang berbelok, nyanyi bareng menambah suka cita kami dalam perjalanan. Camilan pun selalu siap sedia menemani. Sesampainya di desa Sumur, tak lupa kami membeli ikan untuk di bakar saat tiba di pulau. Sebab, tidak ada yang berjualan di sana. Jadi, kami membawa makanan sendiri dari awal keberangkatan mulai dari nasi, pop mie, minuman hingga rujak.

BPRO0157

DSC_1188

Perahu nelayan yang mengantar kami ke Pulau pun sudah siap. Tak tanggung-tanggung, 2 perahu kami sewa dimana 1 perahu bermuatan 8-10 orang. Tengah hari kita pun menyebrangi lautan dengan waktu tempuh 15 menit yang tak terasa bagi kami sambil menikmati lukisan indah karya Sang Pencipta. Bagan rakit apung banyak dijumpai selama perjalanan.

DSC_1182 web

DSC_1180 web

DSC_1190 web

Lokasi Pulau Oar tak jauh berada di sebelah Barat Pulau Umang. Pulau Umang merupakan pulau private yang menyewakan berbagai tempat penginapan milik seorang yang entah siapa pemiliknya. Jika ada wisatawan yang hendak ke Pulau Umang, akan disediakan boat pribadi khusus untuk penjemputan tidak menggunakan perahu nelayan.

Sesampainya di Pulau Oar, sejauh mata memandang saya dan rekan disambut garis pantai melengkung berwarna putih dengan perairan berwarna biru bening menghampar luas sebagai salah satu landscape pemandangan di Pulau Oar. Dua bendera Indonesia kokoh berdiri di hamparan pasir putih yang menambah keindahan. Memang menghabiskan waktu di perjalanan akan terbayarkan ketika melihat hal seperti ini.

DSC_1191 web

DSC_1203 web

DSC_1196 web

Sebelum menuju gazebo atau pondokan kecil, kami menghitung dahulu alat snorkelling yang akan dikenakan. Istirahat sejenak di pondokan, dibawah pohon kelapa yang rindang makan pop mie sambil melihat pemandangan di depan mata. Usai isi perut, kami bergegas ganti pakaian untuk snorkeling di siang hari bolong. Amaze!

BPRO0166

BPRO0181

BPRO0175

Menggunakan perahu nelayan, kami dibawa agak jauh dari bibir pantai untuk bisa menikmati bawah laut Pulau Oar. Satu per satu terjun dari perahu. “Ada apa di bawah laut?” tentunya kami melihat ragam terumbu karang yang terlihat sehat dengan penghuninya yang cantik-cantik. Syukurlah terumbu karang disini masih baik semoga akan terus seperti ini.

BPRO0217

Setiap snorkeling pasti saja saya melihat si cantik ‘nemo’ dengan ornamen warna putih orange yang memanjakan indera visual. Dengan melihat keindahan bawah laut yang dipenuhi terumbu karang dan biota, rasa lelah serta jenuh yang menghinggapi jadi hilang. Pemandangan indah bagi saya adalah obat untuk menghilangkan kejenuhan akan rutinitas pekerjaan kantor. “Anda setuju dengan pernyataan ini?”.

BPRO0238 web

BPRO0233 web

BPRO0257 web

By the way “Ada apa saja kah di Pulau Oar?” Pertanyaan tersebut terlintas di benak anda. Ya, di sana selain ada aktivitas snorkelling, disediakan juga banana boat bagi pengunjung. Pengunjung dapat meniknati fasilitas banana boat dengan dikenakan biaya sebesar Rp250.000 selama 15 menit. Tidak ada pedagang yang berjualan, seperti yang sudah saya sebutkan. Seandainya saya yang berjualan disini dengan harga makanan/minuman mulai dari Rp5000 wah bisa naik haji kalo gini.

DSC_1204 web

Ruang bilas ataupun ganti pakaian dari 2 yang ada 1 yang hanya berfungsi. Ruangan aja yang berfungsi tapi tidak untuk air. Keterbatasan air dan listrik disini masih menjadi kendala. Jika pengunjung hendak bilas, disediakan air tanah dari sumur dengan kedalaman 2-3 meter. Dilihat secara visual, bagi saya yang memperhatikan kebersihan agak kurang layak. Warna air yang kekuningan. Saya pun akhirnya bilas seadanya dengan menggunakan air gelas kemasan.

Usai aktivitas snorkeling, ikan yang kami beli dari pasar di desa nelayan telah berubah menjadi ikan bakar siap santap. Mantap. Selanjutnya, ditutup dengan rujak sebagai kudapan terakhir. Sambil menunggu perahu kami datang, saya dan rekan menghabiskan waktu dengan foto landscape pesisir Pulau Oar.

DSC_1202 web

DSC_1197 webPukul 16:00 WIB kami pun meninggalkan si pulau mini ‘Oar’. Sampai jumpa lagi pemandangan cantik ~

11 pemikiran pada “Keindahan Si Pulau Mini ‘Oar’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s